Ticker

6/recent/ticker-posts

Paparan tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Tahun 2017

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) Guru harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya juga sekaligus berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pendidikan;  (2) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan. Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu:

  1. pengembangan diri
  2. publikasi ilmiah
  3. karya inovatif.


Untuk download Paparan tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Tahun 2017 selengkapnya silakan klik pada link berikut ini 

Posting Komentar

0 Komentar