Ticker

6/recent/ticker-posts

Download Soal UKK Tahun 2021 Komplit


Bersumber pada Permendikbud No 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ MAK, tujuan evaluasi hasil belajar merupakan buat( 1) Mengenali tingkatan capaian hasil belajar/ kompetensi partisipan didik;( 2) Mengenali perkembangan serta pertumbuhan partisipan didik;( 3) Mendiagnosis kesusahan belajar partisipan didik;( 4) Mengenali daya guna proses pendidikan; serta( 5) Mengenali pencapaian kurikulum. Tetapi pada realitasnya masih banyak sekolah yang belum menguasai esensi evaluasi serta penuhi tujuan evaluasi semacam standar yang sudah diresmikan.


Uji Kompetensi Kemampuan( UKK) ialah evaluasi yang diselenggarakan spesial untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) buat mengukur pencapaian kompetensi partisipan didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2( 2) ataupun 3( 3) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa riset oleh Lembaga Sertifikasi Profesi ataupun satuan pembelajaran terakreditasi bersama mitra dunia usaha/ industri. Hasil UKK untuk partisipan didik hendak jadi penanda ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sebaliknya untuk stakeholder hasil UKK dijadikan sumber data atas kompetensi yang dipunyai calon tenaga kerja.


Modul UKK disusun bersumber pada skema sertifikasi cocok dengan jenjang kualifikasi partisipan uji/ asesi yang muat keahlian melakukan pekerjaan khusus, operasional, serta/ ataupun penjaminan kualitas. Soal UKK bisa berupa penugasan ataupun wujud lain yang dinilai secara individual buat membuat sesuatu produk cocok tuntutan standar kompetensi.


Dalam Penerapan UKK, Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) bisa memilah salah satu ataupun sebagian dari 6( 6) tipe skema penyelenggaraan tes berikut:


Tes lewat sistem sertifikasi mitra DUDIKA ataupun Asosiasi Profesi: Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) terakreditasi serta mitra DUDIKA ataupun asosiasi profesi melaksanakan uji kompetensi pada TUK yang sudah disepakati bersama mengacu standar kualifikasi kompetensi yang diresmikan mitra DUDI ataupun asosiasi profesi dengan tujuan memperoleh sertifikat yang diakui oleh mitra DUDI, asosiasi profesi, asosiasi industri, ataupun mitra dari mitra DUDI;


Tes lewat LSP Pihak Kesatu( LSP- P1): LSP yang didirikan oleh lembaga pembelajaran serta ataupun pelatihan dengan tujuan utama melakukan sertifikasi kompetensi kerja terhadap partisipan pembelajaran/ pelatihan berbasis kompetensi serta/ ataupun sumber energi manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, cocok ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;


Tes lewat LSP Pihak Kedua( LSP- P2): LSP yang didirikan oleh industri ataupun lembaga dengan tujuan utama melakukan sertifikasi kompetensi kerja terhadap sumber energi manusia lembaga induknya, sumber energi manusia dari pemasoknya serta/ ataupun sumber energi manusia dari jejaring kerjanya, cocok ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;


Tes lewat LSP Pihak Ketiga( LSP- P3): LSP yang didirikan oleh asosiasi industri serta/ ataupun asosiasi profesi dengan tujuan melakukan sertifikasi kompetensi kerja buat zona serta ataupun profesi tertentu cocok ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;


Tes lewat Panitia Teknis Uji Kompetensi( PTUK) cocok regulasi yang dikeluarkan oleh BNSP;


UKK Mandiri: Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) terakreditasi yang melaksanakan uji kompetensi secara mandiri memakai instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat selaku standar minimun dengan mengaitkan institusi pendamping serta berorientasi pada standar kompetensi lulusan.


Cocok dengan Pesan Edaran Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan Nomor. 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Tes Nasional serta Tes Kesetaraan dan penerapan Tes sekolah dalam masa darurat penyebaran COVID- 19, tidak hanya tes yang diselenggarakan oleh satuan pembelajaran partisipan didik sekolah menengah kejuruan pula bisa menjajaki uji kompetensi kemampuan cocok dengan syarat peraturan perundang- undangan.


Berikut ini soal UKK SMK Tahun 2021 yang bisa di download :

  1. Download Soal UKK Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Pedoman Penilaian
  2. Download Soal UKK Perbankan Syariah dan Pedoman Penilaian
  3. Download Soal UKK Bisnis Daring dan Pemasaran dan Pedoman Penilaian
  4. Download Soal UKK Teknik Komputer dan Jaringan  dan Pedoman Penilaian
  5. Download Soal UKK Multimedia dan Pedoman Penilaian
  6. Download Soal UKK Rekayasa Perangkat Lunak dan Pedoman Penilaian
  7. Download Soal UKK OTKP dan Pedoman Penilaian
  8. Download Soal UKK Teknik Audio Video dan Pedoman Penilaian
  9. Download Soal UKK Teknik Listrik dan Pedoman Penilaian
  10. Download Soal UKK Taknik Pengecoran Logam dan Pedoman Penilaian
  11. dan sebagainya
Link Downloadnya silakan klik Berikut ini


Posting Komentar

0 Komentar